Optimasi WordPress [PENTING]

Optimasi WordPress sederhana bisa meningkatkan loading speed. Untuk kesekian kalinya saya dapat warning email dari hosting dan untuk kesekian kalinya pula semua website saya yang ada dalam 1 account shared hosting disuspend. Kirain masalahnya gara-gara agc lagi ternyata bukan. Masalahnya sepele, hanya gara-gara plugin W3 Total Cache.

Dulu memang saya menggunakan plugin WP Super Cache, tapi karena ada yang merekomendasikan menggunakan W3 Total Cache saya pun pindah dan setelah 2 minggu tiba-tiba dapat email peringatan.

warning-email
warning-email

Kembali lagi ke 2 minggu lalu, semua website saya ganti menggunakan plugin W3 Total Cache. Memang dari segi performance, ada peningkatan lumayan, tapi dampaknya adalah CPU usage yang berlebihan dan memakan resource hosting (lihat screenshot di atas). Plugin ini tidak saya sarankan untuk anda yang menggunakan layanan hosting tipe shared hosting dan apabila kondisi website di dalamnya adalah yang sering diupdate.
Akhirnya settingan saya kembalikan ke plugin WP Super Cache ditambah menginstall plugin WP-Optimize. Plugin WP-Optimize diklaim bagus karena kemampuannya membersihkan ruang kosong di database yang otomatis mempercepat loading website. Memang setelah dicek menggunakan pindom tool ada peningkatan kecepatan signifikan. Boleh dicoba kalau anda ingin meningkatkan loading speed website/blog anda.

OK, kembali ke settingan plugin WP Super Cache, ada beberapa hal sederhana yang harus diganti supaya kerja plugin ini optimal.

setting wp super cache

setting wp super cache

Setelah langkah di atas, langsung klik bagian advanced dan centangin yang saya tandai dengan panah merah di bawah kemudian klik update status.

setting wp super cache

setting wp super cache

Lalu klik Mod Rewrite Rules, jika keluar tulisan warna hijau, berarti settingan sudah selesai.

setting wp super cache

setting wp super cache

Masuk ke cpanela atau bisa menggunakan filezilla, cek file .httaccess apakah sudah sama dengan tulisan yang ada di dalam kotak hijau pada gambar di atas, jika sudah sama berarti settingan anda sudah benar, jika belum, copy semua tulisan/script yg ada dalam kotak hijau dan paste di file .httaccess anda, kemudian save.

Mudah-mudahan tulisan ini ada gunanya.

468 ad
This site is protected by WP-CopyRightPro